SYARAT DAN FORMAT PENULISAN

JURNAL TEKNOLOGI

 


UMUM

Redaksi menerima artikel ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil studi, baik dalam bentuk kajian teoritik maupun eksperimental.

Naskah harus berisi informasi yang benar,jelas dan memiliki kontribusi substantive terhadap bidang kajian. Penulisan huruf singkat dan jelas sesuai dengan format penulisan Jurnal Teknologi. Informasi dalam naskah belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses untuk dimuat di media lain baik media cetak maupun elektronik.

 

PENGIRIMAN  DAN PENILAIAN  NASKAH

Naskah asli yang dikirimkan keredaksi Jurnal Teknologi harus sesuai dengan format penulisan naskah yang di tentukan. Naskah tersebut sebaiknya di kirim dalam bentuk softcopy. Penulis yang memasukan naskahnya keredaksi Jurnal Teknologi melampirkan biografi ringkas, afiliasi dan alamat lengkap termasuk alamat e-mail.

Makalah yang masuk akan diseleksi oleh tim editor yang memiliki wewenang penuh untuk mengkoreksi, mengembalikan untuk di perbaiki, dan menolak tulisan yang masuk meja redaksi bila dirasa perlu. Penilaianakan di lakukan secara obyektif dan tertulis. Naskah yang di tolak untuk di muat dalam Jurnal Teknologi akan di kembalikan kepada penulis

 

FORMAT  PENULISAN  NASKAH

Format penulisan Jurnal Teknologi dapat dilihat pada halaman berikut. Panduan penulis tersebut sesuai dengan format baku Jurnal Teknologi dan dapat di jadikan sebagai contoh.

Bahasa yang di gunakan adalah Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Bila menggunakan Bahasa Indonesia,  menggunakan bahasa yang baik dan  benar. Penggunaan bahasa dan istilah asing sebaiknya disertai makna / arti istilah tersebut.



JUDUL MAKALAH

 

Penulis Pertama1, Penulis Kedua1, Penulis Ketiga2

1)Afiliansi Penulis Pertama danKe dua

2)Afiliansi Penulis Ketiga

 

 Abstrak

Abstrak berisi latar belakang, tujuan, metodologi, hasil dan kesimpulan secara ringkas. Sebaiknya jumlah kata dalam Abstrak tidak lebih dari 300 kata. Abstrak ditulis dengan huruf Times New Roman dengan ukuran font 11 yang dicetak miring. Tata letak abstrak ini dapat di jadikan contoh format baku penulisan dalam Jurnal Teknologi .

Kata Kunci : terdiri dari tiga sampai lima kata dalam bahasa Indonesia

  

Abstract

 An Abstract consist of background, objectives, methodology, results, and conclusion in brief. The Abstract should be less than 300 words, in 11 point Intalic Times New Roman font. The layot of this abstract can be used  as a template.

 Keywords: terdiri dari tiga sampai lima kata dalam bahasa Inggris.

 


1.         STRUKTUR  NASKAH

Struktur naskah adalah judul,  nama penulis (tanpagelar), afiliasi tempat bekerja, abstrak, kata kunci, pendahuluan/latar belakang dan tujuan, isi naskah, kesimpulan,  ucapan terima kasih dan daftar pustaka.

2.         FORMAT MAKALAH

Tata letak

Naskah di cetak dengan format kertas ukuran A4.Setiap halaman yang diberi nomor dan panjang naskah antara 10 sampai 15 halaman.

Untuk membangun keseragaman format, naskah hendaknya mempunyai margin sebagai berikut:

Margin

1). Kiri       : 3 cm 

2). Kanan   : 3 cm

3). Atas      : 2,5 cm

4). Bawah  : 2,5 cm

5) Badan naskah harus di tulisdalam 2 kolom.

 

HurufdanSpasi

1.      Badannaskah di cetak 1 spasi dengan huruf Times New Roman 11 poin.

2.      Judul makalah dicetak tebal dengan huruf besar Times News Roman 14 point, center

3.      Nama dan afiliasi penulis berturut-turut dengan huruf Times New Roman 11 point, 2 spasi di bawah judul. Nama penulis diberi garis bawah.

4.      Abstrak (abstract) di cetak miring dengan huruf Times New Roman 11 poin, 3 spasi dibawah penulis.

Judul

Judul Makalah : udul sebaiknya singkat dan jelas serta mencerminkan isi naskah. Judul makalah diikuti nama (tanpa gelar) dan afiliasi penulis, abstrak serta kata kunci (keywords).

Judul Bagian : judul Bagian dicetak tebal dengan huruf besar dan di beri nomor, dimulai dari sisi kiri kolom.

Judul Sub-Bagian : judul sub-bagian dicetak dengan gabungan huruf besar dan kecil, diberi nomor dan dimulai dari sisi kiri kolom.

Bahasa, Satuan dan persamaan

Internasional. Satuan yang di gunakan hendaknya mengikuti system Satuan Internasional (SI). Persamaan harus dicetak dan diberi nomor seperti contoh dibawah ini:

      Logn(M) = a-bM...................... (1)

 

Gambar

Gambar dapat dimasukkan dalam kolom atau meliputi kedua kolom. Legenda gambar harus terlihat jelas dengan ukuran minimum 10 poin. Keterangan gambar ditulis sebagai berikut “Gambar 1 Keterangan Gambar”.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka dicantumkan pada bagian akhir naskah dengan format seperti pada contoh berikut.

Chao-ying, B. and Greenhalgh, S., (2006).3D Local Earthquake Hypocenter Determination with an Irreguler Shortest-Path Method, BSSA, 99,6,2257-2268.

Grandis, H, (2000). Buku Ajar Inversi Geofisika. Bandung:  Institut Teknologi Bandung.

Stamps, D.S. and Smalley, R. Jr., (2006). String and Things for locating Erathquake, Seismological Research Letters, 77,6,677-683.

 


 

Joomla templates by a4joomla